Rabu, 18 Januari 2017

Daulah Islam (Islamic State/IS) Luncurkan Serangan Besar di Dier Zour


DIER ZOUR [Mata Pena Pers] – Daulah Islamiyah (Islamic State/ IS) atau lebih dikenal ISIS beberapa hari ini meluncurkan serangan terbesar dalam setahun terakhir di wilayah Dier Zour, Suriah. Pasukan Syaikh Abu Bakar Al-Baghdadi itu mencoba merebut bandara militer rezim di wilayah yang mayoritas dikontrolnya itu.
Portal berita yang dikenal dekat dengan oposisi Suriah, aranews.org, Senin (16/01), melaporkan bahwa pertempuran itu meletus sejak tiga hari terakhir di tengah gempuran udara militer Rusia dan Suriah terhadap posisi IS. Hingga Senin malam, pertempuran dilaporkan masih berlangsung sengit.
Kantor berita Jerman, seperti dinukil Al-Jazeera, menyebutkan bahwa pasukan IS telah mengontrol hampir seluruh jalan utama ke bandara militer tersebut. Posisi pasukan Bashar Assad pun terkepung.
Pengepungan itu dipastikan setelah pasukan IS mengontrol penuh jalan yang menghubungkan antara lingkungan Al-Jur, yang membentang ke daerah Al-Makabis dan Mumsikah hingga bandara Dier Zour. IS juga menrebut bukit strategis Atsaraddah, sekitar sumber minyai At-Tie dan lingkungan Al-Ammal.

“IS memutus seluruh jalan darat yang menuju ke bandara militer dan lingkungan Harabisy,” lapor aktivis kemanusiaan, seperti dinukil kantor berita Jerman.
Jalan tersebut, menurut portal aranews.org, merupakan satu-satunya jalur logistik bagi militer Bashar Assad di bandara militer Dier Zour. Pasukan Assad menggunakan jalur itu untuk memindahkan senjata, amunisi dan logistik.
Sumber militer menyebut, ini merupakan serangan paling sengit yang diluncurkan IS sejak setahun terakhir ke wilayah kontrol rezim di Dier Zour. Serangan ini paling dahysat yang pernah dilakukan IS untuk merebut bandara militer.

IS menggunakan banyak bom mobil yang dikemudikan oleh pejuangnya menargetkan pos-pos pertahanan militer Suriah. Selain itu, mereka juga menggunakan artileri dan roket.
Kantor berita Al-Jazeera melaporkan, kedua belah menderita kerugian pasukan dan peralatan akibat pertempuran ini. Puluhan warga yang terjebak dalam pertempuran juga dilaporkan tewas akibat peluru kedua belah pihak.[MP/KB/AN/AJ]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar