Jumat, 03 Februari 2017

Alexandre Bissonnette, Teroris Pelaku Pembantaian Jamaah Masjid Quebec

TRENTON [Mata Pena Pers] – Beberapa media Quebec sebelumnya memberitakan bahwa terdapat dua pelaku penembakan Masjid Quebec yang diidentifikasi sebagai Alexandre Bissonnette dan Mohamed Khadir.
Namun faktanya pernyataan media mainstream Quebec yang sengaja mengarahkan vonis salah satu pelaku dengan nama Muslim, keliru dan merupakan berita palsu, ini diperkuat dengan pernyataan resmi Kepolisian.
“Hanya ada satu pria bersenjata, bukan dua, dalam serangan penembakan Masjid di Kota Quebec yang menewaskan 6 jiwa dan melukai 18 korban,” tegas Kepolisian Kanada.
Tersangka pembantaian jamaah Shalat Isya Masjid Quebec Islamic Cultural Center diidentifikasi bernama Alexandre Bissonnette. Ia berusia 27 tahun dan merupakan warga kota Quebec yang berasal dari lingkungan Cap-Rouge.
Alexandre Bissonnette diketahui saat ini merupakan mahasiswa antropologi dan ilmu politik di Universitas Laval, yang terletak hanya tiga kilometer (sekitar 2 mil) dari lokasi Masjid, di mana serangan itu terjadi Ahad malam (29/01).
Lima orang masih dirawat di rumah sakit dan 13 korban lainnya telah diperbolehkan pulang, seperti dilansir Canadian Broadcasting Corporation (CBC), Senin (30/01). Tersangka lain yang ditangkap setelah serangan itu, Mohamed Khadir telah dibebaskan dan statusnya sekarang adalah saksi.
Inspektur Polisi Kota Quebec, Denis Turcotte mengatakan saat memberikan pengarahan singkat para jajaran Kepolisian hari Senin (30/01) bahwa seorang pria menghubungi layanan darurat 911 sekitar pukul 08:10 p.m (01.10 GMT) Ahad malam, sekitar setengah jam setelah serangan itu – dan mengatakan pelaku bersenjata dan melakukan penembakan, dikutip dari CBC.”Dia tampaknya ingin bekerja sama,” kata Turcotte. Dia mengatakan kepada polisi di mana dia dan ditangkap di lokasi di dekatnya. Polisi mengatakan mereka belum menemukan motif kejahatan.
Bissonnette dituntut dengan 6 tuduhan pembunuhan dan 5 dakwaan percobaan pembunuhan, seperti dilaporkan jaringan televisi CTV.
Para korban jamaah Muslm Masjid Quebec termasuk seorang pemilik toko kelontong dan seorang Profesor Universitas.[MP/PM]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar